4/23/2015

Peringati Hari Bumi, Relawan Gelar "Operasi Semut" Bersihkan Area Waduk Krenceng

 Peringati Hari Bumi, Relawan Gelar "Operasi Semut" Bersihkan Area Waduk Krenceng
Hasil operasi semut dimasukkan di trashbag

Waduk Krenceng adalah sebuah situ buatan untuk memenuhi sarana air bersih warga Cilegon dan sekitarnya yang dikelola oleh anak perusahaan Krakatau Steel Group yaitu PT. Krakatau Tirta Industri (KTI) yang beralamat di Jl. Ir. Sutami Krenceng Cilegon, selain itu Waduk Krenceng juga memiliki panorama yang indah dikala sore hari sehingga sering dikunjungi oleh masyarakat setempat maupun dari luar daerah untuk menikmati keindahannya.

Namun sayang, sebagian orang yang berkunjung ditempat itu belum sepenuhnya memiliki kesadaran kepedulian terhadap  lingkungan sehingga banyak yang meninggalkan sampah diarea waduk tersebut yang mengakibatkan mengurangi keindahan waduk itu sendiri. Dimomen Hari Bumi Sedunia yang jatuh setiap tanggal 22 April, Relawan RZ Cilegon bekerjasama dengan LDK IKMA FT Untirta dan KAMMI FT Untirta memberikan edukasi ke warga setempat tentang kebersihan lingkungan dengan bahu membahu lakukan aksi “Operasi Semut” membersihkan sampah di area waduk krenceng, Rabu (04/22).

Ema Prihatin, Kordinator Relawan RZ Cilegon mengatakan, “di Indonesia, peringatan atau perayaan Hari Bumi sebenarnya belum banyak diketahui oleh kalangan masyarakat. Hal ini berbanding terbalik dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang selalu diperingati setiap tanggal 5 Juni. Ema melanjutkan, pada dasarnya memang tidak terdapat perbedaan antara Hari Bumi Sedunia dengan Hari Lingkungan Sedunia. Hal yang paling membedakan antara dua hari besar itu adalah sejarahnya saja”.katanya.
Dalam aksi yang dilakukan di waduk krenceng tersebut, Ema mengaku telah menyediakan 24 kantong Trashbag untuk menampung sampah-sampah organik dan anorganik seperti kertas, plastik, kaleng dan lain-lain.


Sedangkan Yunita, bagian SosMas KAMMI FT.UNTIRTA berharap semoga warga Cilegon khususnya warga sekitar terbiasa untuk tidak buang sampah sembarangan di lokasi umum".

Sementara itu, Furi, Ketua LDK IKMA FT.UNTIRTA mengatakan, "semoga kita semua bisa lebih mencintai BUMI ini dengan menjaga kebersihan lingkungan, I LOVE EARTH,”. ajaknya.



Senada dengan yang lainnya, Kosasih, ketua Komsat KAMMI FT Untirta menambahkan, “ semoga acara sosial yang diselenggarakan oleh RZ Cilegon dengan FT Untirta kedepannya dapat berlanjut dan lebih bersinergi lagi. Harapnya.

4 comments

Relawan RZ Cilegon OK...

kereeenn dah RZ Cilegon ga ada tandingnya

RZ cilegon terbaik lah

terima kasih all, do'akan kami tetap konsisten

Semoga Sobat hari ini lebih baik dari kemarin, jika ada yang ingin ditanyakan terkait program RZ Cilegon, silahkan isikan komentar dibawah ini
EmoticonEmoticon