4/19/2015

Sebanyak 30 Mentor RZ Cilegon Ikuti Pelatihan Penulisan di Saung Grogol

Sebanyak 30 Mentor RZ Cilegon Ikuti Pelatihan Penulisan di Saung Grogol
Peserta menyimak materi yang disampaikan oleh Gol A Gong
RZ Cilegon kembali menyelenggarakan pelatihan penulisan di Saung Grogol dalam acara Up-Grading Mentor tahun 2015, Sabtu (18/04).  Kegiatan yang mengusung tema “ Ayo menulis”  ini diikuti oleh sekitar 30 peserta yang merupakan korwil dan mentor / Pembina anak asuh RZ Cilegon  dengan menghadirkan 2 narasumber yaitu ustadz Asto Harjoko dan Gol A Gong.   
Acara dimulai jam 09.30 yang diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang dilantunkan  oleh Reni Isnawati (alumni anak binaan RZ Cilegon) dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari ketua panitia dan Branch manager RZ Cilegon.

Ustadz Joko  menjelaskan tentang pentingnya membaca  dan menulis. “Hampir semua orang mendapatkan hidayah Allah karena membaca”.katanya.
 Ustadz Joko pun memotivasi peserta agar menulis apa yang akan dilakukan dan lakukan apa yang sudah dituliskan dengan cara membuat buku catatan harian.

Sedangkan Gol A Gong lebih kearah teknis cara penulisan jurnalistik, katanya, “menulis itu bukan pekerjaan menghayal tapi intelektual, ada tahapan-tahapan dalam menulis. yaitu: Pra – menulis berupa riset lapangan dan riset pustaka, Menulis dengan  menambahi imaginasi, Revisi atau editing ejaan dan tanda baca”. Jelas Gol A Gong. Pemilik Gong Publishing dan Gong Travelling ini juga mengajari cara menggali ide menulis itu sangat mudah dengan metode jurnalistik yaitu 5W+1H.

Sementara itu, Fauzul Umam salah satu peserta yang juga sebagai kordinator wilayah pembinaan Pulomerak mengaku sangat termotivasi untuk menulis, katanya sebelumnya ia pernah mengikuti pelatihan menulis tapi baru kali ini menemui kepuasan tersendiri.

Berbeda  dengan Fauzul, Ema prihatin sangat menyayangkan karena  waktu pelatihan yang disediakan panitia sedikit jadi ilmu yang diserap kurang optimal.”acaranya sangat bagus dan menginspirasi tapi sayang waktunya kurang banyak jadi ilmu yang diserap kurang optimal. Katanya yang ditemui usai acara.

RZ Cilegon tahun ini gencar mengadakan pelatihan menulis, sebelumnya diadakan pelatihan menulis bagi Anak binaan RZ Cilegon di LKP Adenis. Zaenudin sebagai Scholarship Management Officer (SpMO) RZ Cilegon memberikan  alasannya, bahwa tahun ini sengaja mengadakan pelatihan-pelatihan penulisan karna hampir setiap pekan RZ Cilegon selalu ada kegiatan implementasi program tapi minim pemberitaan karena banyak mentor yang belum paham cara membuat penulisan untuk diberitakan”, katanya. Zaenudin melanjutkan, publikasi kegiatan itu penting sebagai wujud pertanggung jawaban lembaga kepada para Donatur.



Semoga Sobat hari ini lebih baik dari kemarin, jika ada yang ingin ditanyakan terkait program RZ Cilegon, silahkan isikan komentar dibawah ini
EmoticonEmoticon