5/07/2015

Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah Melalui PHBI Isro Mi'raj di Masjid At-Taubah

Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah Melalui PHBI Isro Mi'raj di Masjid At-Taubah
KH. Romli saat memberikan tausiyah di Masjid At-Tauah Ramanuju.
Selasa, 06 Mei 2015
Bulan Rajab merupakan bulan ke tujuh dalam penanggalan Islam (Hijriah). Bulan ini termasuk bulan haram (Asyhurul Hurum) atau bulan yang dimuliakan. Di bulan ini sebagian kaum muslimin memperingati satu peristiwa yang sangat luar biasa, peristiwa perjalanan RasulullaShallallahu’alaihi Wasallam dari Makkah ke Baitul Maqdis, kemudian ke sidratul muntaha menghadap Sang Pencipta alam semesta dan Pemeliharanya. Itulah peristiwa Isra’ dan Mi’raj. Peristiwa ini tidak akan dilupakan kaum muslimin, karena perintah sholat lima waktu sehari semalam diberikan oleh Allah pada saat Isra’ dan Mi’raj. Tiang agama ini tidak akan lepas dari peristiwa Isra’ dan Mi’raj Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam .



Banyak cara masyarakat untuk memperingati peristiwa yang sangat fenomenal itu, semisal di instansi-instansi pendidikan biasanya diisi dengan kegiatan perlombaan tentang keagamaan, sedangkan di Masyarakat baik di perkotaan maupun diperkampungan lebih cenderung kepada kegiatan “Tabligh akbar atau Majlis Hikmah”. Seperti yang dilakukan oleh warga linkungan Ramanuju yang diprakarsai oleh RZ Cilegon dengan Majelis Taklim dan DKM At Taubah di Masjid At Taubah Ramanuju Citangkil yang mengusung tema “Meningkatkan Keutuhan Ukhuwah Islamiyah dan Akhlakul Karimah dalam Kehidupan Bermasyarakat”, Rabu (06 Mei).



Hadir dalam acara tersebut, Bpk. TB Edi Purnama MSi sebagai Kepala kelurahan Citangkil. Dalam sambutannya beliau  mengatakan bahwa kegiatan hari besar Islam itu  merupakan suatu kebutuhan masyarakat sebagai momen penting untuk meningkatkan pengetahuan ruhiyah Masyarakat tentang keislaman. Selain memberikan sambutan, Tb. Edi Purnama juga tidak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk mensosialisasikan program-program pemerintah kota Cilegon kepada para hadirin.

Acara inti diisi dengan ceramah agama yang  sampaikan oleh KH. Romli dari Kedung Jombang Cilegon.  KH Romli menjelaskan tentang sejarah dan hikmah peristiwa Isra’ Miraj serta memberikan beberapa wejangan kepada para hadirin. “beberapa sikap yang harus dimiliki oleh setiap ummat dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat yaitu; meningkatkan ukhuwah islamiyah dan akhlak yang baik saling hormat menghormati dengan orang lain.”jelasnya. Kemudian, lanjut KH Romli,  “hilangkan segala penyakit hati seperti kebencian, sikap hasud dihati dan suburkan kasih sayang antara sesama. pesan pimpinan Pondok Pesantren Salafiyah Nurut Ta’lim Tilawatil Qur’an ini kepada hadirin.

“Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar,  Antusias masyarakat begitu tinggi untuk menghadiri kegiatan ini (red.PHBI) karena kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan keislaman dari tausiyah yang diberikan oleh Kyai dan meningkatkan ukhuwah islamiyah kepada masyarakat”. Ujar Suharto, salah satu warga Ramanuju.

Sementara itu, Humaedi, Fasilisator Pembinaan RZ Cilegon menyebutkan acara PHBI tersebut dihadiri oleh sekitar 150 orang, terdiri dari para member penerima manfaat RZ Cilegon, Ibu-ibu Majlis Talim, masyarakat umum dan para tokoh masyarakat, ketua RT, ketua RW dilingkungan Ramanuju Citangkil.

Acara ditutup dengan pembacaan do'a yang dipimpin oleh KH Syarbini.

Kontributor: Humaedi

Semoga Sobat hari ini lebih baik dari kemarin, jika ada yang ingin ditanyakan terkait program RZ Cilegon, silahkan isikan komentar dibawah ini
EmoticonEmoticon