6/01/2015

Sebanyak 138 Siswa-siswi MI Jauharotunnaqiyah Mendapat Penyuluhan Kesehatan Gigi

Sebanyak 138 Siswa-siswi MI Jauharotunnaqiyah Mendapat Penyuluhan Kesehatan Gigi
Vera, sedang mempraktekan cara menggosok gigi yang baik dan benar
RZ Cilegon adakan penyuluhan kesehatan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Jauharotunnaqiyah Priuk Sukmajaya Jombang. Sabtu, (30/05). Kali ini RZ Cilegon mengadakan penyuluhan kesehatan tentang perawatan gigi dan mulut kepada 138 siswa siswi MI Al-Jauharotunnaqiyah priuk kelas 1 – 6. 

Vera, Health care officer (HCO) RZ Cilegon mengatakan, bahwa kegiatan yang dilakukannya itu bertujuan untuk memberikan pengertian tentang pentingnya merawat gigi dan mulut dengan cara menggosok gigi yang baik dan dengan benar. Vera menjabarkan 5 cara menggosok gigi yang baik dan benar yaitu:

1.Kurangi menggunakan odol berlebihan
2.Posisikan sikat membentuk sudut 45°. Lalu, gosok gigi dengan gerakan memutar atau vertikal secara perlahan, dimulai dari permukaan gigi luar. Jangan menekan gagang sikat terlalu keras 
3.Sikat gigi satu persatu, jangan sekaligus. Paling tidak 12-15 detik di setiap area rongga mulut.
4.Sikat permukaan gigi depan atas dan bawah dengan metode vertikal. Cara ini akan memastikan kotoran terbuang dari sela-sela gigi.
5.Pilihlah bulu sikat gigi dengan tingkat kekerasan soft atau medium. Jika sikat gigi sudah digunakan selama 3 bulan atau bulu sikat mulai renggang dan berubah warna, itu saatnya menggantinya dengan yang baru. “Bulu sikat yang terlalu renggang bisa menyebabkan resesi pada gusi dan menimbulkan gigi sensitif,” jelas vera

Menurut Ema, Kordinator Relawan yang juga mendapat kesempatan untuk memberikan materi mengaku selain penyuluhan kesehatan gigi dan mulut RZ Cilegon juga mengajari siswa-siswi cara menjaga kebersihan lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya. “selain penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, kami juga memberikan materi tentang pentingnya kesehatan lingkungan”. Katanya. 

Perempuan kelahiran Pandeglang itu melanjutkan, agar sampah yang kita buang itu memiliki nilai lebih maka perlu dilakukan pemilahan sampah yang organic dengan yang anorganic”. Ujarnya.

Sementara itu, Nanda (11 th) mengaku senang mengikuti kegiatan yang diadakan oleh para relawan RZ Cilegon, senang ada mba-mba yang mengajari saya tentang cara menggosok gigi”. Katanya dengan lugu.

Setiap siswa-siswi mendapatkan peralatan gosok gigi dan susu kota dari RZ Cilegon.


2 comments

terima kasih mba hesi sudah mampir, baca juga artikel yang lainnya, he..

Semoga Sobat hari ini lebih baik dari kemarin, jika ada yang ingin ditanyakan terkait program RZ Cilegon, silahkan isikan komentar dibawah ini
EmoticonEmoticon