3/28/2016

60 Anak Juara RZ Cilegon, Berkunjung ke Musium Banten

Selain mendapatkan pembinaan reguler yang rutin dilaksanakan setiap bulanya, Anak Juara RZ Cilegon juga mendapatkan pembinaan yang bersifat out door yang dilaksanakan di alam terbuka, seperti di Jungle Park, Kolam Renang Metro, di Ponpes An-Nadzir dan lain-lain, dalam kesempatan di bulan Maret 2016 ini Anak Juara diajak field trip ke Banten lama. Sekitar 60 orang Anak binaan RZ Cilegon mengunjungi Museum, Reruntuhan Keraton Surosoan, Masjid agung Banten dan Tasik kardi. 

“Saya memilih tempat Banten Lama karena merasa prihatin melihat anak-anak jaman sekarang yang tidak tahu tentang sejarah Banten, biasanya mereka tahu Banten itu hanya sekedar tempat untuk berziarah seperti yang dilakukan oleh orang-orang tua kita”.kata Mus'ad Syarif, ketua pelaksana kegiatan.

Sementara itu Bapak Selamat selaku Pemandu mengapresiasi atas kunjungan anak-anak binaan RZ Cilegon, menurutnya yang sering mengadakan kunjungan wisata edukasi ditempatnya berasal dari wilayah Cilegon dan Tangerang sedang dari daerah Serang sendiri masih kurang. “Berdasarkan data yang kami miliki, yang datang ke museum kebanyakan dari daerah Cilegon dan Tangerang. Katanya. Selamat melanjutkan,” di serang sendiri yang notabene daerah dimana peninggalan sejarah Banten tersebut berada masih kurang minatnya”.tuturnya.

Anak-anak peserta wisata edukasi dikenalkan tentang sejarah Banten mulai pada masa Hindu Budha hingga datangnya Islam, selain itu juga anak-anak bisa langsung melihat beberapa Gerabah, peralatan makan, peralatan perang peninggalan jaman dulu yang dipajang dietalase museum. Setelah dari museum anak-anak diajak untuk melihat secara langsung kondisi reruntuhan Keraton Surosoan dan Masjid Agung Banten dan terakhir di Tasik Kardi.

Niken Safitri salah satu peserta mengaku senang bisa berkunjung ke Banten Lama karena bisa mengetahui sejarah Banten dan melihat langsung peninggalan-peninggalan jaman dahulu. “saya pribadi merasa bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat, selain ajang silaturahim antar anak binaan di RZ Cilegon juga saya bisa mengetahui cerita sejarah langsung dari ahlinya dan bisa melihat langsung peninggalan-peninggalan pada masa kerajaan Banten.


2 comments

Anak Juara RZ.Semangat-nya luar biasa....
Semoga menambah wawasan buat anak Juara RZ tentang sejarah Banten..

terima kasih atas suportnya Mba Hesi..

Semoga Sobat hari ini lebih baik dari kemarin, jika ada yang ingin ditanyakan terkait program RZ Cilegon, silahkan isikan komentar dibawah ini
EmoticonEmoticon