6/27/2016

5 Bahan Makanan Pada Menu Sahur Sehat Anti Lemas Selama Bulan Puasa

5 Bahan Makanan Pada Menu Sahur Sehat Anti Lemas Selama Bulan Puasa

Berpuasa membuat tubuh semakin sehat. Namun, terkadang tubuh “kaget” yang membuat tubuh terasa lemas saat berpuasa. Namun, jika saat sahur Anda makan makanan yang tepat, maka tubuh akan lebih kuat selama berpuasa. Agar tubuh tetap bugar dan sehat saat berpuasa, coba menu sahur sehat berikut ini:

Menu Sahur Sehat


1. Konsumsi Karbohidrat
  • Kentang: Karbohidrat kompleks seperti kentang dapat memberikan rasa kenyang lebi lama. Anda bisa mengganti nasi dengan secangkir kentang tumbuk atau mashed potato. Kentang mengandung vitamin C, B6, serat dan zat besi.
  • Roti: Jika Anda ingin konsumsi roti, maka pilih roti gandum. Pada sepotong roti gandum mengandung 20 gram karbohidrat. Vitamin, mineral hingga serat juga terkandung pada roti gandum. Roti gandum jauh lebih baik dari roti putih karena memiliki serat lebih banyak.
  • Sereal (Oatmeal): Oatmeal juga termasuk dalam karbohidrat kompleks yang mengandung banyak serat, seng, vitamin B dan zat besi. Kandungan tersebut dibutuhkan untuk metabolisme tubuh.

2. Sayuran
Lengkapi menu sahur sehat Anda dengan sayuran hijau. Sayuran hijau mengandung kandungan kaya serat yang baik untuk pencernaan.

3. Putih Telur
Putih telur mengandung protein dan karbohidrat tinggi. Selain itu, putih telur juga sangat rendah lemak dan mengandung riboflavin. Konsumsi putih telur membuat Anda kenyang lebih tahan lama.

4. Buah-buahan Segar
Buah-buah segar yang bagus Anda konsumsi untuk menu sahur sehat seperti pisang, jeruk berry, semangka dan apel. Maka selalu sediakan buah-buahan tersebut untuk menu sahur sehat Anda setiap hari.

5. Susu Rendah Lemak
Agar tetap sehat dan nutrisi terlengkapi, maka sebaiknya lengkapi menu sahur sehat dengan susu rendah lemak. Susu rendah lemak seperti susu skim, susu kedelai atau yoghurt low fat.



Semoga Sobat hari ini lebih baik dari kemarin, jika ada yang ingin ditanyakan terkait program RZ Cilegon, silahkan isikan komentar dibawah ini
EmoticonEmoticon