6/25/2016

Prof. DR. KH. Achmad Satori Ismail, MA: Kiat-Kiat Menjaga Persatuan dan Kesatuan Ummat

Disampaikan pada acara Tabligh Akbar peringatan Nuzulu Qur'an di Masjid Ar-Rohmah pada: 
Rabu, 22 Juni 2016.
Prof. DR. KH. Achmad Satori Ismail, MA saat memberikan ceramah di masjid Ar-Rohmah Arga Bajapura Gerogol

Kekuatan besar umat Islam ada pada iman dan ukhuwah. Persatuan dan kesatuan harus kita jaga. Jangan sampai kita berpecah belah. Isu wahabi, sunni, persis, NU, Muhammadiyah, dan lain sebagainya seringkali dihembuskan untuk memperlemah umat islam. Perpecahan umat islam itulah yang dikehendaki kaum kafir dan orang-orang yang tidak suka dengan Islam.

Kiat-kiat Dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan Ummat Islam


1. Mahabbah
Apapun ormas kita, partai kita, suku kita selama dia muslim dia adalah saudara kita. Jangan berseteru apalagi berperang. Untuk menjaga mahabbah maka butuh sifat :
  • Salamatus shadr: Berlapang dada jika ada yang berbuat salah sama kita. Terkadang hal yang tidak disengaja contoh ketika ada orang yang kita beri ucapan salam dan dia tidak menjawab. Bukan berarti dia benci sama kita. Siapa tahu dia sedang sibuk fokus terhadap sesuatu masalah sehingga tidak mendengar salam kita. Kalo kita tidak salamatus shadr mungkin kita akan berprasangka buruk dia sombong. Padahal tidak seperti itu.
  • Saling Mencintai: Dengan cinta kasih maka persatuan kan terwujud. Mencintai anak yatim dengan menyantuninya, memberi bantuan kepada orang yang miskin, dlsb sehingga akan terwujud ukhuwah. Anak yatim atau orang miskin jangan dipandang sebelah mata. Jangan kita meremehkan mereka. Banyak orang yang sekarang sukses tetapi dulunya dia orang yang susah alias miskin. Karena mereka bekerja keras dan berdoa dengan sungguh2 mereka bisa sukses. Tugas kita bagi orang yang mampu adalah menjadi jalan bagi kesuksesan dan keberhasilan mereka.
  • Iffah: Mendahulukan kepentingan orang lain/saudara kita daripada kepentingan diri sendiri. Menjaga diri dari meminta-minta alias mandiri.
2. Ta’awun
Ummat Islam wajib saling menolong. Jika ada saudara kita yang terkena musibah banjir, tanah longsor, gempa, dlsb kita harus yang pertama kali sigap membantunya. Bukan orang lain. Jangan kalah dengan orang kafir yang mereka mungkin jauh lebih perhatian daripada kita sebagai seorang muslim. Barangsiapa yang menolong agama Allah maka Allah akan menolong kalian dan meneguhkan kedudukan kalian. Fungsi lembaga zakat seperti RZ, dll adalah sebagai sarana/media untuk meolong para muzakki dan mustahiq. Menolong muzakki agar mereka mau mengeluarkan kewajibannya dan tersalurkan kepada yang berhak secara merata. Menolong mustafiq artinya meringankan beban mereka dengan bantuan baik materi maupun non materi.

Masjid kita harus punya data. Berapa jumlah penduduk dalam lingkup massjid, jumlah laki dan perempuan, jumlah yang muslim dan non muslim, jumlah yang usia anak2, remaja, dan orang tua, yang bujang/yang sudah nikah, yang rajin sholat, dan yang tidak rajin sholat. Dari situ dibuatkan program agar orang2 mau rajin ke masjid. Bukan dengan mengundang pembicara dari Jakarta/timgkat nasional seperti yang sekarang diadakan. Tidak akan mempan. Pun orang datang hanya sekali habis itu malas lagi. Program harus terencana dengan baik dan butuh kesabaran serta program2 kreatif lainnya. 

Tolong menolong tidak harus dalam bentuk materi. Non materi pun juga bisa karena tidak setiap orang bisa berubah hanya dengan materi. Sehingga orang datang ke masjid bukan karena ada pembagian zakat fitrah atau ada santunan, tapi memang karena ingin menegakkan sholat berjamaah dan kegiatan ibadah lainnya. Tolong menolong kepada saudara kita yang nganggur. Karena pengangguran itu sumber kemaksiyatan. Kita harus bisa memberdayakan mereka. Jadilah pedagang/pengusaha. Jangan berharap banyak jadi pegawai PNS.karyawan yang jumlahnya terbatas. Rasulullah dan para shahabat mereka semua para pedagang/pengusaha.

3. Tanasuh
Saling mendukung. Jika ada perda syariah yang sudah menjadi konsensus bersama dan apalagi sekarang jamannya otonomi, jika ada yang mengusik untuk mencabutnya maka kita harus bantu memperjuangkannya. Alhamdulillah kata Menag perda yang berbau syariah tidak jadi dicabut.

4. Takaful
Solidaritas tinggi. Satu jiwa. Di belahan bumi manapun baik di Indonesia maupun di dunia jika ada saudara kita sesama muslim yang teraniaya/terzhalimi maka kita harus membantunya. Ada rukun doa di dalam sholat Jum’at yang wajib ada yaitu doa : Allahummaghfirlil mu’minina wal mu’minat lil muslimina wal muslimat...dst. Artinya Allah mengajarkan kepada kita agar`kita peduli dengan urusan kaum muslimin, bahkan dalam hadits dikatakan dengan doa tersebut maka kita akan mendapatkan kebaikan sejumlah umat islam/orang mukmin yang hidup masa kini. Kalo jumlah mereka milyaran orang maka kita akan mendapatkan kebaikan dari milyaran orang muslim tersebut. Selain itu ada hak milik orang lain dalam harta kita yang harus kita keluarkan. Maka keluarkan zakat kita untuk membantu saudara2 kita yang kesulitan/kesusahan.

Setiap amalan yang membuat kita saling menolong pahalanya sangat besar. Contoh : tebarkan salam dan silaturahim. Siapa yang tidak ingin dapat panjang umur dan tambah berkah rejekinya. Silaturahimlah. Kenapa orang jaman dulu itu usianya panjang dan sehat karena rajin silaturahim. Bahkan silaturahimnya jalan kaki. Sehingga jadi sehat dan kuat. Kita mungkin sekarang suka sakit2an karena kita jarang silaturahim. Panjang umur ada beberapa kemungkinan, bisa memang benar` Allah panjangkan umurnya atau bisa juga usianya berkah. Imam Syafii hanya dikasih umur oleh Allah 54 tahun. Tapi meski hanya 54 tahun keberkahan beliau tiada yang memungkirinya. Beliau hafidz qur’an, hafal ribuan hadits dan menjadi ulama besar yang banyak diikuti sehingga menjadi amalan bagi beliau yang tidak pernah putus meski sudah tiada. Jangan sampai kita jadi orang islam yang tidak pernah baca qur’an, tidak pernah mau mempelajari Al Qur’an, tidak mau ngaji Qur’an.

Dalam berbagi, sebenarnya yang butuh itu orang kaya atau orang miskin. Jawab saya orang kaya. Karena orang kaya harus dipaksa berbagi. Jika tidak Allah akan turunkan murka. Hujan ditahan dan kekeringan bisa melanda dan ini bahaya. Kerusakan/kekeringan tidak hanya dirasakan oleh orang miskin tapi juga orang kaya. Bahkan bencana akan muncul dimana-mana. Jadi orang miskin juga tidak boleh malas dan hanya bergantung kepada orang kaya. Harus punya semangat berjuang yang tinggi. 

Jika orang miskin ingin kaya maka harus lakukan :
  1. Banyak berdzikir.: Jangan sampai orang miskin gak sholat. Sombong namanya. Apalagi gak pernah berdoa. Bagaimana Allah akan mengingat kita kalo kita tidak mengingat Allah.
  2. Jauhi Maksiat: Bagaimana Allah akan mengabulkan doa-doa kita kalo kita maksiyat sama Allah. Bekerja dengan jujur dan tidak melanggar aturan
  3. Tawakkal: Setelah kita berikhtiar maka kita harus tawakkal karena hasil Allah yang tentukan
  4. Syukur: Bersyukur dengan berapapun nikmat yang Allah berikan. Jangan pernah mengeluh apalagi mutung dan putus asa.

  1. Allah kasih nikmat kepada kita tanpa kita minta. (given). Seperti fisik yang sempurna, nafas gratis, dlsb
  2. Rezeki yang diperoleh dengan usaha. Usaha secara profesional dan halal. Bekerja dengan giat dan tekun maka Allah berikan rejeki kepada kita. Orang kafir itu tahu kelemahan umat islam. Membuat umat islam punya banyak waktu luang dan menjadikan waktunya tidak produktif alias sia-sia. Kita kerja di pabrik yang harusnya 8 jam tapi krn sifat malas kita kita hanya kerja 3 atau hanya 4 jam saja. Wajar kalo kita kalah dan tertinggal dengan orang2 kafir.
  3. Bersyukur dengan rejeki yang diberikan maka Allah akan tambah nikmat kita. Sehingga kita harus bekerja lebih giat lagi jangan terlena dengan kenikmatan yang ada. Berbagi kebahagiaan dengan orang lain agar kita semakin bahagia.
  4. Ketakwaan. Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah maka Allah akan berikan solusi dan rejeki dari arah yang tidak disangka-sangka.

ditulis oleh: Erma Wanto

1 comments:

Mantapss, Wa'tasimuu bihablillaahi jami'aa walaa tafarroquu.

"Perpegang teguhlah pada Tali Allah (Agama) dan jangan berpeca belah"

Semoga Sobat hari ini lebih baik dari kemarin, jika ada yang ingin ditanyakan terkait program RZ Cilegon, silahkan isikan komentar dibawah ini
EmoticonEmoticon