7/23/2016

Biar Tidak Telat Lagi, Ini 12 Tips Agar Kamu Bisa Shalat Tepat Waktu

 12 Tips Agar Kamu Bisa Shalat Tepat Waktu
www.rumahzakat.org

Bagi setiap muslim, shalat adalah kegiatan yang wajib dilakukan. Namun, sayangnya kita terkadang malas untuk melaksanakan perintah Tuhan ini dengan menunda-nunda sampai batas akhir. Kalau parah, terkadang kita malah shalat pada jadwal shalat berikutnya.

Nah agar hal ini tak terulang lagi, alangkah baiknya kita aplikasikan 10 tips dari IDNtimes. Dengan begitu, shalat kita tetap terjaga dan pahala yang didapat juga lebih melimpah.

1. Pasang aplikasi pengingat waktu shalat di gadgetmu. 
Demi bisa shalat tepat waktu, coba deh pasang aplikasi jadwal shalat. Pilihannya juga banyak kok, Prayer Time Alert, Salat Time, dan sebagainya. Dengan begitu kamu gak bakal lupa lagi.

2. Akrab dengan teman yang shalatnya terjaga.
Sebaik-baiknya orang yang beriman adalah yang mengajak kepada kebaikan. Maka dekatilah orang yang shalatnya terjaga agar nanti saling mengingatkan menuju kebaikan.

3. Kalau kamu tinggal di rumah, coba deh bikin aturan untuk shalat bersama orang tua.
Biasanya orangtua lebih tepat waktu dan justru selalu mengingatkan untuk sholat. Karena itu bagi yang tinggal di rumah bisa sekalian berjama’ah dengan orang tua. Lumayan, bisa mempererat keintiman juga. Kalau ayah sedang kerja, mungkin kamu atau ibumu bisa jadi imam bersama saudara yang lain.

4. Latih dirimu untuk terbiasa menjaga wudhu. Jadi secara gak langsung kamu bakal terpacu untuk shalat tepat waktu. 
Kondisi suci seorang muslim adalah setelah berwudhu. Mulai sekarang coba deh biasakan untuk menjaga wudhu sampai jadwal shalat berikutnya. Biasanya nih, kalau udah wudhu kamu pasti bakal terpacu untuk cepet-cepet shalat, sebelum kentut.

5. Atur alarm lima atau sepuluh menit sebelum waktu sholat.
Dengan mengatur alarm lima atau sepuluh menit menjelang sholat, kamu jadi punya waktu persiapan. Misalnya ketika shalat subuh, bisa cuci muka terlebih dahulu. Jadi rasa kantuk dan malas tidak kembali datang.

6. Tempel kertas notulen di meja kerja atau meja belajar.
Menempelkan kertas pengingat di meja kerja atau belajar juga bisa menjadi trik mengatasi kealpaan buat shalat. Kertas bertuliskan ajakan untuk shalat itu bisa juga ditempel di tempat-tempat yang sering kamu lihat.

7. Rajin-rajin baca buku manfaat yang menuju kebaikan.
Coba deh baca buku-buku Islam agar termotivasi untuk mendapatkan manfaat shalat. Hal ini juga bisa memberikan rasa takut kalau meninggalkan shalat. Dengan demikian kita bisa jadi disiplin.

8. Biasakan istirahat sejenak sewaktu adzan berkumandang.
Mulai sekarang coba deh begitu mendengar adzan, biasakan berhenti melakukan kegiatan apapun. Dengan demikian kita terdorong untuk melakukan shalat dengan khusyuk.

9. Bagi yang punya pasangan, ajak dia untuk saling mengingatkan dalam kebaikan.
Daripada sendirian sering lupa, lebih baik ajak pasangan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jadi mulai sekarang coba deh bikin komitmen bersama.

10. Kalau masih susah bangun atau beranjak, siapkan dua alarm atau lebih.
Dua alarm atau lebih yang berbunyi dan bersahut-sahutan ketika menjelang waktu sholat sepertinya ide yang bagus!

11. Beraktivitaslah di dekat masjid atau mushola.
Niscaya ketika adzan tiba, kita tidak bisa pura-pura tidak mendengarnya. Selain menambah pahala, sholat di masjid juga membantu kita untuk mendapatkan pengalaman bertemu dengan orang-orang baru.

12. Pastikan kamu melaksanakan shalat tepat waktu selama 40 hari. Maka hal ini bisa menjadi kebiasaan baru bagimu.
Untuk menjadi pedang, baja yang begitu keras, harus ditempa dalam panas api. Sama seperti ibadah, keinginan kuat mengenai shalat juga harus ditempa terus-terusan. 

Nah, mulai sekarang, cobalah dalam hitungan 40 hari untuk mendisiplinkan sholat. Dengan begitu, hal ini juga bisa menjadi kebiasaan baru bagimu.
Selamat menerapkan!

sumber: idntimes.com

Semoga Sobat hari ini lebih baik dari kemarin, jika ada yang ingin ditanyakan terkait program RZ Cilegon, silahkan isikan komentar dibawah ini
EmoticonEmoticon