7/04/2016

Manfaat Zakat

Manfaat Zakat

Zakat tentu saja tidak hanya sekedar ibadah yang wajib kita kerjakan, tetapi ada manfaat yang terkandung didalamnya. Tidak ada satu hal pun yang Allah ciptakan di dunia ini kecuali ada manfaatnya. Begitu juga dengan ibadah mahdhoh yang satu ini. Lalu seperti apa manfaat zakat ini ? simak selengkapnya dibawah ini.

1. Menambah Ketaatan Kepada Allah SWT
Tentu saja zakat bisa membuat kita lebih taat kepada Allah SWT. Karena dengan berzakat kepada Allah artinya kita melaksanakan kewajiban yang Allah berikan kepada kita selaku hambanya. Bukankah syarat untuk menjadi taat adalah mematuhi perintah ?
Bahkan sebaliknya, jika kita tidak mengeluarkan zakat, tidak hanya mengurangi taat kepada Allah SWT, bisa saja ini membuat ketaatan kita kepada Allah SWT hilang, karena tidak ada taat yang setengah-setengah.

2. Zakat membuat manusia tumbuh berkembang
Bagaimana bisa dengan zakat kita bisa tumbuh dan berkembang, sedangkan mengeluarkan zakat artinya mengeluarkan sejumlah harta yang membuat harta tersebut berkurang ? Ya memang, dengan mengeluarkan zakat harta kita pasti berkurang. Akan tetapi bertambah kemaslahatan harta yang dimiliki, bertambah berkahnya, bertambah pahala, serta banyak dosa-dosa yang diampuni.

3. Menghilangkan kotoran
Allah SWT berfirman didalam Al-Quran surat At-Taubah yang artinya: "Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka....".
Lalu nabi juga bersabda Nabi SAW bersabda, "Sesungguhnya zakat ini hanyalah kotoran manusia".
Sungguh luar biasa rakus dan bakhilnya orang yang tidak menunaikan zakat, karena menolak untuk dibersihkan, maknanya ia sama dengan orang yang tidak rela mengeluarkan kotorannya. Ia mengundang penyakit, digemuki dan yang sudah di gemuki bukannya diupayakan kesembuhannya. Bahkan ditambah sejalan dengan keengganannya mengeluarkan zakat. Ia lebih memilih hidup sakit dan terus berpenyakit dari pada harus mengeluarkan kotorannya. Naudzubillah!

4. Membantu orang yang kesusahan
Dengan berzakat kita membantu orang yang kesusahan. Diantara orang yang berhak menerima zakat adalah orang fakir, orang miskin, orang yang kehabisan bekal, dan juga orang yang tidak bisa membayar hutang.

5. Membantu orang yang berjuang untuk agama Allah
Salah satu golongan penerima zakat yaitu fii sabiilillah, artinya adalah orang-orang yang berjuang di jalan Allah.
Semoga bermanfaat dan menjadi semangat untuk lebih taat kepada Allah dengan mengeluarkan zakat. Aamiin

sumber: pengertianzakatmu.blogspot.co.id


Semoga Sobat hari ini lebih baik dari kemarin, jika ada yang ingin ditanyakan terkait program RZ Cilegon, silahkan isikan komentar dibawah ini
EmoticonEmoticon