7/15/2016

Mari Bersiap Untuk Qurban


Bulan Ramadhan telah kita lewati, dan Syawal pun telah berjalan sepertiganya. Tak terasa, sebentar lagi kita akan menghadapi bulan Dzulhijah dan Idul Adha 1437 H. Di bulan Dzulhijah ada ibadah yang sangat Allah cintai untuk kita lakukan pada hari Raya Idul Adha (10 Dzulhijah) dan atau di 3 hari tasyrik setelahnya (11, 12 dan 13 Dzulhijah). Ibadah itu adalah Ibadah qurban,yaitu menyembelih binatang qurban sebagai salah satu bentuk ketaatan kepada Allah.

“Tidaklah manusia melakukan amal di hari nahr (hari raya idul adha) yang lebih dicintai Allah dibanding memotong hewan kurban. Sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat dengan tanduk, bulu dan telapak kakinya. Sesungguhnya sebelum darahnya jatuh ke tanah, ia telah sampai kepada Allah. Maka dari itu, tunaikanlah dengan jiwa yang senang”. (HR. Tirmidzi)

“Sesungguhnya kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka shalatlah karena Tuhanmu dan sembelihlah hewan kurban. Sesungguhnya orang yang membencimu, dialah yang terputus”. (Al-Kautsar: 1-3)

“Sesungguhnya yang pertama kali kita lakukan pada hari ini adalah menunaikan shalat (idul Adha), kemudian pulang lalu menyembelih hewan kurban”. (HR. Bukhari)

Hukum ibadah kurban adalah sunnah muakkadah, atau sunnah yang sangat ditekankan. Rasulullah saw bersabda:
“Apabila kalian telah meru’yah (melihat) bulan sabit Zulhijah, dan seseorang diantara kalian hendak memotong hewan kurban, maka hendaklah ia menahan diri untuk tidak memotong rambut dan kukunya”. (HR. Muslim)

Ungkapan beliau “dan seseorang di antara kalian hendak memotong hewan kurban” menunjukkan hukum sunnah bukan wajib. Sebab kalau sekiranya wajib, tentu tidak hanya dikaitkan dengan orang yang hendak berkurban saja.

Namun demikian, bagi yang memiliki kelonggaran sangat ditekankan untuk berkurban, dan makruh meninggalkannya. Rasulullah saw pernah memberikan peringatan keras bagi orang yang mampu tapi tidak mau berkurban. Sabda beliau,
“Siapa yang memiliki kelonggaran tapi tidak berkurban, maka janganlah mendekati tempat pelaksanaan shalat (ied) kami”. (HR. Ibnu Majah)

Mari mulai bersiap-siap, semoga di tahun ini Allah memampukan kita untuk melaksanakan ibadah qurban. Aamiin yaa Allah

Bahagia berbagi sepanjang tahun melalui program Superqurban.

  • Kambing : Rp2.250.000/ekor
  • Sapi : Rp16.700.000/ekor
  • 1/7 Sapi : Rp2.400.000
Transfer qurban :

  • Mandiri 132000 481 974 5
  • BNI Syariah 155 555 5589
Baca Juga: Nikmati Kemudahan BerdonasiMelalui Layanan Jemput Zakat

Semoga Sobat hari ini lebih baik dari kemarin, jika ada yang ingin ditanyakan terkait program RZ Cilegon, silahkan isikan komentar dibawah ini
EmoticonEmoticon