7/30/2016

Reportase Aksi RZ Cilegon di Lokasi Bencana Banjir Anyer

Jalanan menuju lokasi bencana padat 
Banjir bandang dan longsor yang terjadi pekan lalu, melanda beberapa desa di kecamatan Anyer, tapi yang mengalami dampak terparah berada diwilayah desa Sindangmandi tepatnya di kampung Garung. Garung sendiri terdiri dari tiga wilayah yaitu garung bawah, garung tengah dan garung atas.

Akses jalan dan medan menuju garung atas waktu pertama kali kami kelokasi sedikit terkendala karna akses jalan belum dibuka sehingga membutuhkan bantuan tambang untuk bisa melewati dari kampung satu ke kampung lainnya, dan Alhamdulillah saat ini jalan sudah bisa dibuka sehingga kendaraan roda dua bisa melewati sampai kampung  Sipedang Simuhara.

Baca juga: Reportase Aksi RZ Cilegon di kampung Barung Sibarubug DesaSindangmandi Anyer Serang

Meski jalan sudah bisa diakses kendaraan namun disisi lain kondisi psikologi anak-anak korban bencana sebagaian masih terganggu atau trauma. Untuk itulah kami dari RZ Cilegon menurunkan tim untuk melakukan aksi Trauma Healing disana. Jum'at (07/30). 

Perjalanan Menuju Lokasi

Sekitar jam 09 pagi kami berangkat dari kantor RZ Cilegon di Jl. Letjend Soeprapto No. 25 G ramanuju berserta tiem  dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) RSKM dan RSUD. Sebelum sampai lokasi kami bertemu bapak Supriyanto (anggota DPRD Provinsi), berdasarkan saran beliau tim dibagi 2 kelompok . Kelompok satu beraksi di kampung palupuy desa Sindang Karya Anyer, disana kami adakan kegiatan pengobatan gratis dan pemberian sembako di dapur umum yang disuport oleh Periska, Samudera Indonesia, Salimah. Sedangkan satu kelompok lagi mengadakan aksi trauma healing dan penyaluran sembako di Madrasah Diniyah Nurul Ilmi Sipedang Garung.

Siaga Sehat di Palupuy

Reportase Aksi RZ Cilegon di Lokasi Bencana Banjir Anyer
Pengobatan gratis di masjid Al-Hidayah Palupuy
Kerugian secara fisik dikampung ini tidak terlalu parah ketimbang di kampung yang berada di desa Sindangmandi  tapi akibat banjir yang mengenangi rumah warga menjadi penyebab atau pemicu menyebarnya penyakit pada  warga seperti penyakit gatal-gatal, korengan dan lain-lain. Sekitar 99 orang telah menerima bantuan dan pengobatan gratis dari RZ Cilegon yang dibantu oleh tim PPNI.


Trauma Healing di kampung Sawah

Reportase Aksi RZ Cilegon di Lokasi Bencana Banjir Anyer
Trauma Healing untuk anak-anak korban bencana banjir bandang Anyer

"Pada pekan lalu kami pernah mengadakan kegiatan siaga sehat dan penyaluran sembako di kampung Garung atas, sekarang kami adakan kegiatan di Garung tengah tepatnya di Madrasah Diniyah Nurul Ilmi Sipedang Garung desa Sindangmandi. kata Fauzul Umam, Kordinator Relawan.

Tidak perlu menunggu lama untuk mengumpulkan anak-anak warga kampung setempat. Mereka  pada berdatangan dalam hitugan menit, anak-anak begitu sangat antusias dan tampak keceriaan diwajah-wajah yang masih lugu itu mengikuti kegiatan trauma healing dari kami. Adalah Ibu Tati dari PPNI berkobar-kobar memberikan semangat kepada anak-anak. Ruangan kelas menjadi ramai oleh gelak tawa anak-anak yang merasa terhibur.

Selain trauma healing, anak-anak korban banjir bandang diberi sembako

Roziqin (42th) salah satu warga setempat mengatakan “kami sambut positif atas rasa kemanusiaan yang tinggi yang dimiliki oleh para relawan, yang sudah memberikan semangat kepada anak-anak kami. Katanya. Roziqin melanjutkan, baru kali ini diadakan semacam trauma healing ditempat kami, sebelumnya belum ada”. Pungkas guru di MTs RU Pabuaran Anyer itu.

Lihat Videonya:


Alhamdulillah, Sekitar 59 anak-anak merasa terhibur dan termotivasi kembali, acara berakhir pukul 15.00 wib.

Setelah Aksi langsung Survey Lagi

Sebelum rombongan keluar ke jalan utama, kami sempat diminta oleh salah satu warga untuk meninjau kondisi kampung Babakan yang juga terkena dampak banjir bandang. Bersama Bapak saliya, kami diajak berkeliling kerumah-rumah yang rusak parah akibat diterjang air dan bebatuan.

Ibu Siti Rohmah (34th) Koordinator dapur umum menceritakan mulai terjadinya bencana dan pasca bencana. “waktu itu sekitar jam 21.20 wib (minggu malam) hujan turun dengan lebatnya, hujan sempat reda namun terjadi hujan susulan yang lebih deras lagi sekitar jam 01 dini hari. Listrik mati total dan penduduk berbondong-bondong menyelamatkan diri  berkumpul dekat Masjid.

Akibat banjir tersebut sekitar 5 unit rumah warga rusak berat (hancur), 15 unit rumah rusak ringan.
Warga saat ini membutuhkan air bersih, sembako, obat-obatan dan perlengkapan sekolah.

warga yang sedang meratapi rumahnya yang hancur karna banjir bandang
Gagal Panen


 Mari Berbagi Kebahagiaan untuk Korban Banjir di Banten

Aksi belum berakhir bagi Sobat yang ingin berpartisipasi membantu korban bencana banjir dan longsor di Banten silahkan titipkan bantuan Sobat di kantor RZ Cilegon Jl. Letjend Soeprapto No. 25 G Ramanuju Cilegon atau transfer ke Mandiri 1320004819745 an. yayasan rumah zakat indonesia
konfirmasi transfer ke (0254) 385443


Baca Juga: Nikmati Kemudahan Berdonasi Melalui Layanan Jemput Zakat

Semoga Sobat hari ini lebih baik dari kemarin, jika ada yang ingin ditanyakan terkait program RZ Cilegon, silahkan isikan komentar dibawah ini
EmoticonEmoticon