8/30/2016

Ade Umamah: Peran Anak Juara dalam Mengisi dan Mempertahankan Kemerdekaan

Peran Anak Juara dalam Mengisi dan Mempertahankan Kemerdekaan
Anak Juara diharapkan mampu berprestasi,  berdaya saing, ber-akhlakul karimah, yang akhirnya mampu mengharumkan nama bangsa Indonesia dikancah internasional.

Anak Juara, itulah  sebutan yang disematkan untuk anak-anak binaan RZ. Kenapa kemudian RZ menyematkan sebutan atau panggilan tersebut (Anak Juara-Red) kepada anak-anak binaannnya, tentu tidak tanpa alasan. Sebagaimana nama adalah doa, penyebutan Anak Juara pun merupakan sebuah harapan dan untaian doa. Mereka ( Anak Juara), diharapkan di sekolahnya dan di lingkungan tempat mereka tinggal, mampu menjadi juara.  Tidak hanya juara di bidang akademik saja, akan tetapi  juga juara dibidang non akademik.

Maka jika dikaitkan dalam konteks peranan Anak Juara dalam mengisi dan mempertahankan kemerdekan, diharapkan mereka juga mampu bersaing dengan anak-anak atau siswa-siswa lainnya. Terlebih Anak Juara RZ setiap pekannnya mendapatkan nutrisi-nutrisi ruhiyah dari para mentor RZ. Hal tersebut merupakan nilai plus. Karena ibarat tubuh yang membutuhkan asupan nutrisi dari makanan yang kita makan, maka otak dan hati pun membutuhkan nutrisi, yaitu berupa ilmu-ilmu yang dipelajari, baik ilmu umum terlebih ilmu-ilmu agama.

Anak Juara juga diharapkan  kedepannya mampu menjadi garda terdepan bangsa ini. Mempertahankan keutuhan NKRI  dalam konteks kekinian, adalah bukan lagi dengan mengangkat senjata atau menghunuskan bambu runcing melawan kolonial Belanda.  Tetapi mampu berprestasi,  berdaya saing, ber-akhlakul karimah, yang akkhirnya mampu mengharumkan nama bangsa Indonesia dikancah internasional.

Tentu impian besar tersebut tidak serta merta langsung terwujud, butuh usaha dan kerja keras. Anak Juara bisa memulainya dengan hal-hal yang kecil, yang (mungkin) kelihatannya sepele, seperti tidak membuang sampah sembarangan, menjaga kelestarian alam, menjaga adab dengan menghormati orang yang lebih tua; Ibu, Bapak atau guru di sekolah misalnya. Belajar dengan sungguh-sungguh, aktif mengikuti kegiatan-kegiatan di sekolah dan menekuni bidang keilmuan yang disenangi. Agar kedepannya Anak Juara tidak hanya memiliki kapabilitas keilmuan yang mumpuni, tapi juga kemudian mampu bersaing dalam skala nasional terlebih dalam skala internasional, dan ikut serta menjadi bagian dari kemajuan jaman, dengan tidak meninggalkan sisi-sisi spiritual tentunya.

Peran inilah yang sejatinya harus dilakukan oleh pemuda-pemuda saat ini, yang dalam hal ini kita sebut sebagai Anak Juara. Peran yang memang relevan pada saat ini untuk mengisi dan mempertahankan kemerdekaan  dan keutuhan NKRI.

Penulis adalah alumni Korwil Cibeber RZ Cilegon
Sumber: Anak Juara Inspiratif

Semoga Sobat hari ini lebih baik dari kemarin, jika ada yang ingin ditanyakan terkait program RZ Cilegon, silahkan isikan komentar dibawah ini
EmoticonEmoticon