8/19/2016

Inilah Sedekahnya Para Sahabat Nabi Bagaimana Dengan Kita?

Inilah Sedekahnya Para Sahabat Nabi Bagaimana Dengan Kita
www.rumahzakat.org

Masa kepemimpinan Rasulullah SAW adalah masa yang sangat sulit. Bahkan kemampuan finansial para pengikut Nabi SAW berada dalam kondisi yang terbatas. Namun hal tersebut tidak mengurungkan niat para sahabat untuk bersedekah. Mereka bahkan rela memberikan harta dan jiwanya demi kepentingan Islam. Inilah yang disebut dengan keikhlasan yang tidak tertandingi.

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa, "Janganlah kalian mencela para Sahabatku! Seandainya salah seorang di antara kalian mengeluarkan infak emas sebesar gunung Uhud, niscahya hal itu masih belum bisa menandingi kualitas infak mereka yang hanya satu mud/genggaman dua telapak tangan, bahkan setengahnya pun tidak.” (HR. Bukhari dan Muslim)


1. Abu Bakar ash-Shiddiq Ra

Abu bakar ash-Shiddiq ra merupakan sahabat Rasulullah SAW yang paling beliau cintai. Bahkan Abu Bakar merupakan sahabat yang pertama masuk ke dalam Islam. Kecintaannya kepada Rasulullah SAW membuatnya rela mengorbankan harta dan jiwanya demi kepentingan umat muslim di masa itu.
Salah satu contohnya adalah ketika ia mengetahui seorang budak dari kaum Quraisy telah masuk Islam, maka ia ingin segera memerdekakan budak tersebut. Adalah Bilal bin Rabbah, orang yang ingin ditebus Abu Bakar dari Umaiyah bin Khalaf.

Kala itu Umaiyah mematok harga 9 uqiyah emas kepada Abu Bakar bila ingin menebus Bilal. Tanpa pikir panjang, Abu Bakar segera menebus Bilal. Tahukah kamu berapa nilai dari 9 uqiah emas tersebut ? Setara dengan 114 juta rupiah.

2. Umar bin Khattab Ra 

Bila Abu Bakar menyedekahkan uangnya untuk orang lain, maka lain halnya dengan Umar bin Khattab. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Umar bin Khattab telah membuat sebuah wasiat untuk menyedekahkan sepertiga dari harta kekayaan yang ia miliki untuk kepentingan dakwah umat Islam. Sehingga harta yang disedekahkan oleh Umar bin Khattab mencapai angka 40.000 dinar atau pun dirham yang jika dikonversikan ke dalam mata rupiah setara dengan 612 miliar rupiah. Sungguh sedekah yang sangat fantastis bukan ?

3. Utsman bin Affan Ra

Berbeda dengan dua sahabat sebelumnya, Utsman bin Affan menyedekahkan harta miliknya demi kepentingan umat Islam di masa Perang Tabuk. Beliau menyumbangkan 300 unta dan 1000 dinar emas yang bila dikonversikan setara dengan 5,2 miliar rupiah. Bukan hanya itu saja, Utsman bin Affan juga menambah 30.500.000 dirham perak dan 100.000 dirham emas yang diwasiatkannya untuk disedekahkan dalam dakwah Islam saat ia meninggal. Bila ditotalkan, maka nilai emas dan perak tersebut setara dengan 7,2 triliun rupiah.

Pada masa pemerintahannya, Utsman bin Affan pernah membeli sebuah mata air dari seorang lelaki suku Ghifar seharga 35.000 dirham, dimana mata air tersebut di wakafkannya untuk kepentingan rakyatnya yang ketika itu sangat membutuhkan air karena sedang musim kemarau.

Di masa pemerintahan Abu Bakar, Utsman pun pernah memberikan gandum yang diangkut dengan 1000 ekor unta untuk membantu orang-orang miskin yang menderita di musim kemarau.

4. Abdurrahman bin Auf Ra

Kemudian sahabat Rasulullah SAW yang juga suka bersedekah adalah Abdurrahman bin Auf. Di sebuah riwayat disebutkan bahwa sahabat nabi yang satu ini pernah menyedekahkan harta kekayaan pribadinya sebesar 200 uqiah emas untuk membantu umat muslim yang saat itu akan bertempur di perang Tabuk. Bila dikonversikan ke dalam rupiah, maka 200 uqiah emas tersebut setara dengan 2,5 miliar rupiah.

MasyaAllah... luar biasa sekali sedekahnya para sahabat ini. Kita mungkin tidak akan pernah bisa menyamai kualitas sedekah mereka, tapi kita harus terus berusaha untuk selalu memperbaiki kualitas sedekah kita.
Ayoo sedekah ^^

Baca Juga: Nikmati Kemudahan Berdonasi Melalui Layanan Jemput Zakat



Semoga Sobat hari ini lebih baik dari kemarin, jika ada yang ingin ditanyakan terkait program RZ Cilegon, silahkan isikan komentar dibawah ini
EmoticonEmoticon