8/31/2016

Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan


Tidur adalah aktivitas kehidupan yang sangat penting. Banyak penelitian telah membuktikan betapa ruginya kita kekurangan tidur. Ada sebuah gangguan yang disebut “fatal familial insomnia“, yang menunjukkan bahwa kurang tidur bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan
www.rumahzakat.org

Yah, bahaya/ancaman kematian karena kurang tidur mungkin ada secara tidak langsung. Bahkan kita masih bisa beraktivitas meskipun kekurangan tidur. Kita tidak menyadari atau mengetahuinya. Tapi coba kita lihat buktinya. Dalam sebuah penelitian yang membandingkan orang-orang yang tidur siang dan yang tidak tidur siang dalam jangka lebih dari 6 tahun (dan termasuk beberapa faktor lain yang berpengaruh) ditemukan bahwa tidur siang bisa mengurangi resiko penyakit jantung hingga 37%. Artinya, mereka yang tidak pernah atau tidak melakukan aktivitas tidur siang dalam kurun waktu cukup lama memiliki resiko penyakit jantung lebih tinggi.

Penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2008 menunjukkan bahwa tidur siang bisa meningkatkan daya ingat (memory). Dalam penelitian ini, para relawan diminta untuk mengingat sebaris daftar. Sebagian diberi kesempatan untuk tidur siang, sebagian lainnya tidak. Para relawan yang tidur siang bisa mengingat dengan lebih baik daripada mereka yang tidak tidur. Bahkan tidur siang hanya dalam 6 menit pun bisa meningkatkan kemampuan mengingat tersebut!

Penelitian oleh NASA hanya mendukung pandangan bahwa tidur siang itu baik, dengan membuktikan bahwa tidur siang walaupun hanya dalam 25 menit saja mampu meningkatkan fokus dan kewaspadaan hingga 35%. Beberapa penelitian lain juga menunjukkan bahwa tidur siang bisa meningkatkan mood.

Yang menjadi fokus perhatian adalah: tanpa tidur siang, anda beraktivitas hanya pada level setengah optimal saja. Seandainya anda tidur siang sebentar saja setiap hari, anda mungkin akan mendapatkan mood, fokus, energi, dan kesehatan yang jauh lebih baik. Anda mungkin berfikir bahwa pernyataan tersebut terdengar tidak wajar, sangat jarang orang yang mau atau bisa tidur siang dan andapun mugkin tidak pernah melakukannya.

Anda perlu mengubah pemikiran. Kenyataannya, tidur siang adalah aktivitas yang sangat wajar. Semua hewan tidur siang, dan jika anda memiliki anjing atau kucing di rumah, anda pasti mengerti betul kebiasaan ini. Jika anda menengok ke negara-negara dengan udara panas (dan memiliki kebiasaan santai) seperti Spanyol atau Yunani, anda akan melihat bahwa para penduduk di sana memiliki kebiasaan yang disebut siesta, yaitu tidur siang singkat yang biasa dilakukan setelah makan siang. Kebiasaan tidur siang ini telah dibuktikan memiliki efek baik bagi kesehatan dan memberikan energi, mood, serta fokus pada kehidupan di malam harinya.

Sumber : kolomsehat.com


Semoga Sobat hari ini lebih baik dari kemarin, jika ada yang ingin ditanyakan terkait program RZ Cilegon, silahkan isikan komentar dibawah ini
EmoticonEmoticon