8/10/2016

Racun Harta, Penawarnya Zakat

Racun Harta, Penawarnya Zakat
www.rumahzakat.org

Nasihat Rasulullah SAW yang dikutip dalam kitab Daqooiqul Akbar bahwa ada lima jenis racun yang sangat mematikan, dan juga ada lima yang lainnya sebagai penawar. 5 racun itu adalah : dunia, harta, berbicara, umur, dan tahun. Dan penawarnya adalah Zuhud, zakat, dzikrullah, taat pada Allah, dan bulan Ramadhan. Baiklah mari kita bahas satu-persatu ya :
Dunia
Dunia adalah racun yang mematikan, hmm jika kita perhatikan nasihat ini sangat perlu kita ingat, karena jika kita telah terkena racun dunia dan tidak menemukan penawarnya maka kita akan menjadi musafir yang tidak tahu jalan pulang, atau kita akan menjadi pemburu yang tersesat atau menjadi wisatawan yang lupa rumah, atau menjadi pemabuk yang tidak pernah sadarkan diri. Na'udzubillah.. Penangkal dari racun dunia ini adalah Zuhud, di mana kita dituntut harus memiliki rem dalam melintasi kemegahan dunia. Zuhud ibarat peta bagi musafir, kompas bagi pemburu, dan reminder bagi wisatawan, serta bagai hukuman bagi pemabuk. Zuhud adalah sikap tidak mencintai dunia, tidak menjadi hamba dunia. Maksudnya bukan menjauhi kebutuhan dunia akan tetapi seseorang yang zuhud menganggap bahwa dunia bukanlah tujuan utama yang harus diraih dalam hidup, ia menganggap bahwa rezeki dari Allah Subhanahu wa Ta'ala, menganggap celaan dan pujian itu sama tidak sedih ketika dicela dan tidak sombong ketika dipuji, serta sabar atas musibah yang menimpanya.

Harta
Harta adalah racun yang mematikan, jika racun itu menyebar dalam tubuh dan hati kita maka kita akan menjadi Fir'aun yang sombong dan gila hormat, kita akan menjadi Qorun yang terus menumpuk harta dan lupa pada Allah, kita akan menjadi manusia serakah yang tidak pernah kenyang. Nau'udzubillah .. Penangkal racun harta ini adalah Zakat. Zakat yaitu memberikan sesuatu dengan ketentuan dan syarat-syarat yang telah ditentukan, diberikan kepada para mustahiq zakat (baca : berhak menerima zakat). Zakat berfungsi untuk membersihkan harta yang kita miliki. Menjadikan kita orang yang mengasihi orang lain, dermawan, serta selalu bersyukur atas harta titipan Allah, dijauhkan dari sifat sombong dan juga serakah.

Berbicara
Berbicara adalah racun yang mematikan selanjutnya, dimana jika seseorang telah terserang racun ini. Ia bisa merubah persatuan menjadi perpecahan, persahabatan menjadi permusuhan, bisa menjadikan suami dan isteri bercerai, menjadikan anak membenci Ibunya, murid membunuh gurunya, dan bisa menjadikan tetangga bersiteru. Na'udzubillah sungguh berbahaya racun ini namun ketika kita menghadirkan penangkalnya yaitu Dzikrullah (baca: mengingat Allah) maka kita bisa menjadikan yang bodoh menjadi pintar, yang sedih menjadi senang, yang berpisah menjadi bersatu, menjadikan permusuhan menjadi perdamaian dan masih banyak lainnya karena lisan melafadzkan kata-kata yang baik teriring hati yang mengingat Allah.

Umur
Umur adalah racun mematikan yang keempat. jika racun ini telah menguasai maka seorang hamba akan lupa pada pencipta, yang tua bermaksiat, yang muda lebih parah lagi. Maka penangkal dari racun ini adalah Taat kepada Allah. Dengan taat umur akan hamba gunakan untuk mengabdi pada penciptanya, yang tua selalu bertobat, yang muda menegakkan syariat. SubhanaAllah indahnya jika kita taat  ...

Tahun dan keseluruhannya
Tahun dan keseluruhannya adalah racun mematikan yang terakhir. Di mana kita setiap detik, jam, hari, bulan tahun sering berlaku salah. Baik yang kita sengaja maupun tidak. Dan penawar racun ini adalah Bulan Ramadhan, SubhanAllah inilah bukti kasih dan sayang Allah kepada hambanya, karena di bulan ini Allah memberikan kesempatan seluas-luasnya hamba untuk bertobat, memberikan kesempatan pengembara untuk pulang, mengobati luka, dan mencuci hati yang kotor.

Semoga bermanfaat
sumber: uswatunhasanah1812.blogspot.co.id

Semoga Sobat hari ini lebih baik dari kemarin, jika ada yang ingin ditanyakan terkait program RZ Cilegon, silahkan isikan komentar dibawah ini
EmoticonEmoticon