11/07/2016

Wisata edukasi, Anak Juara Korwil Cilegon Kunjungi Peternakan Kambing Etawa Al-Insan


Anak Juara RZ Cilegon wilayah binaan kecamatan Cilegon adakan “wisata edukasi”  dengan berkunjung ke peternakan kambing etawa milik yayasan Al-Insan di lingkungan Karotek Kelurahan Kalitimbang Kecamatan Cibeber Kota Cilegon, Minggu, (06/11).

Kegiatan outdoor tersebut merupakan rangkaian kegiatan pembinaan ke-1 dibulan November yang diikuti oleh 21 dari 30 anak juara di wilayah kecamatan Cilegon dengan penuh semangat dan antusias. Anak-anak berkumpul tepat waktu saat pemberangkatan dan tertib saat berlangsungnya acara.

Kegiatan Wisata Edukasi dimulai dengan pembukaan oleh Edi Haryadi, yang akrab disapa "Kang Edi", dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh salah satu anak juara,  Imam Abu Hanif.

"Mari kita awali dengan basmallah dan doa agar kita dapat mudah  menyerap dan menggali ilmu sebanyak-banyaknya", ajak Edi.

"Wisata Edukasi merupakan salah satu fasilitas dalam meningkatkan semangat belajar anak. Dengan wisata edukasi ini harapannya anak-anak tidak bosan mengikuti pembinaan. Selain itu, anak juga akan terdorong untuk lebih banyak tahu hal-hal yang baru. Wisata edukasi ini patut dikembangkan untuk menjadi fasilitas pembelajaran anak. Anak senang dan belajar menjadi hal yang asyik", jelas Edi Haryadi mentor kreatif Anak Juara Korwil Cilegon.

Sahidin, yang lebih akrab disapa "kang Idin" selaku pengurus peternakan juga alumni dari SMK Al-Insan memaparkan ilmu terkait peternakan kambing etawa milik yayasan, mulai dari perawatan, perkembangbiakan, manfaat, dan lain sebagainya. Beliau merawat kambing sejak duduk dibangku sekolah. "Beternak merupakan misi yayasan untuk mewujudkan insan yang mandiri, saya senang bisa diamanahi untuk merawat kambing yang penuh manfaat", katanya.

Sedangkan Saidatul Hajijah, kordinator wilayah berharap dengan diadakannya kegiatan wisata edukasi anak-anak didiknya memiliki semangat yang tinggi dalam menuntut ilmu, “Semoga jiwa disiplin dan semangat menuntut ilmu itu selalu ada pada anak-anak, sehingga mereka rajin mengikuti pembinaan setiap bulannya", kata Saidatul Hajijah kepada rzcilegon.com.

Ida pun memberikan motivasi kepada anak didiknya bahwa orang yang berilmu akan dinaikkan derajatnya oleh Allah SWT, "Kalian Anak Juara pilihan Allah,  Anak Cerdas dan Sholeh/ah. Janji Allah, Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang berilmu,  maka carilah ilmu di manapun kita berada, tidak hanya di sekolah. Ilmu bisa kita peroleh dari lingkungan di sekitar kita", tambahnya.

Sementara itu, Aini Nabila, salah satu peserta wisata edukasi mengaku senang mengikuti kegiatan tersebut, "Saya merasa senang dan bersemangat bisa berkunjung ke lokasi peternakan, memperoleh wawasan dan ilmu baru serta dapat belajar dari alam sekitar", ungkapnya.

Tidak hanya mengenal dunia peternakan, anak-anak juga diberikan beberapa game edukasi yang dipandu oleh Mentor Suaibatul Islamiyah.

Setelah itu anak juara dan kormen melaksanakan sholat dhuhur berjamaah dilanjut acara motivasi oleh Ust. Abdul Ghofur selaku pimpinan yayasan Al-Insan.

"Mengapa Kang Ghofur memilih peternakan kambing? Karena merupakan pekerjaam yang dicontohkan Rasulullah saw, selain itu kambing juga menghasilkan banyak manfaat mulai dari daging, susu, kulit dan kotorannya", ungkap Ghofur.


Beliau berpesan, "Lanjutkan perjuangan orangtua kalian dengan menggapai cita-cita setinggi langit. Kita tidak boleh minder, harus bersemangat. Makhluk yang mulia di sisi Allah adalah orang yang bertaqwa", lanjutnya.

Kontributor: Saidatul Hajijah

Semoga Sobat hari ini lebih baik dari kemarin, jika ada yang ingin ditanyakan terkait program RZ Cilegon, silahkan isikan komentar dibawah ini
EmoticonEmoticon