2/11/2017

Edu Kuliner Anak Juara RZ Cilegon di Pabrik Roti “Sarah Roti”




Sebanyak 67 anak juara (AJ) binaan RZ Cilegon wilayah pembinaan  Kec. Cibeber dan Kec. Cilegon melakukan kunjungan edukasi kuliner di Pabrik Roti “Sarah Roti” yang berada di Jl. Purbaya Kavling Blok. J No. 434 Kec. Bendungan Kota Cilegon, Rabu, (8/2/2017).

Ditemani oleh 5 mentor, anak juara terlihat semangat dan ceria mengikuti kegiatan kunjungan dan edukasi di Pabrik Roti walaupun cuaca cukup menyengat kulit.

Badrul Qomar selaku Korwil Cibeber mengaku senang bisa membawa anak- anak kunjungan di Pabrik Roti guna belajar dan menambah wawasan untuk mereka.

“Alhamdulillah saya merasa senang bisa mengajak anak- anak juara kunjungan disini yang bertujuan untuk belajar dan menambah pengetahuan tentang bagaimana proses pembuatan roti dan cara memasarkannya sebagai penambahan kemampuan untuk mereka,” ujar pemuda yang hobi badminton itu.

Anak- anak peserta kunjungan diberikan penjelasan tentang sejarah sejarah “Sarah Roti” oleh Destriyanto dan Husna Dini selaku pemilik/ owner Sarah Roti.

“Sejarah berdirinya pabrik roti ini pada tahun 2006 berawal sejak anaknya yang jajan sembarangan sehingga menyebabkan sakit, sehingga kami berinisiatif untuk membuat roti yang  awalnya untuk dikonsumsi keluarga dan anak sendiri. Namun beriring jalannya waktu, roti diproduksi dengan jumlah banyak untuk keperluan kampanye pemilu waktu itu dan koperasi karyawan, saat itu produk pertamanya donat dan roti burger,” terangnya.

Kemudian pada 2008 diperkembang dengan mesin yang kapasitasnya lebih besar sehingga mampu memproduksi roti dengan jumlah yang lebih banyak dan saat itu pangsa pasar / marketingnya di Pasar- pasar seperti Pasar Keranggot di Jombang, Pasar Merak, Pasar Anyer dan lainnya.

Pada tahun 2013 mulai dibuka outlet berkat kerjasama dengan Bank Syari’ah Mandiri (BSM) dan dibantu 5 karyawan dan pada tahun 2016 produksi ditambah dengan aneka varian diantaranya, roti manis, roti tawar, roti kering, hot dog, pizza dan produk Sarah Roti telah mendapat label halal MUI.

Setelah menyimak pemaparan dari pemilik "Sarah Roti" anak- anak diberikan pengetahuan proses produksi roti dipandu oleh Bapak Irul salah satu karyawan Sarah Roti.

“Dalam pembuatan roti hanya ada 3 proses yaitu, Mixer, Cetak dan Oven,” kata Irul.

Proses pertama : bahan baku dan bahan tambahan roti (gula pasir, tepung, ragi kering, pengempuk roti dan garam) di aduk rata dalam mixer. Selanjutnya masukan mentega dan air, tunggu adonan selama 10 menit hingga kalis (tidak lengket).

Proses kedua : adonan yang sudah kalis ditimbang dan dicetak di cerakan roti, kemudian simpan di rak pengembang roti selama 10 menit.

Proses ketiga : cetakan yang berisi adonan disimpan dalam oven dengan suhu 180 derajat selama 30 sampai 50 menit. Semakin banyak bahan tambahannya, semakin lama mengembangnya. Selanjutnya dikeluarkan dari oven, dianginkan dan dikemas.

Anak Juara juga diperbolehkan untuk membantu memasarkan produk Sarah Roti.

“Boleh, silahkan dengan senang hati. Kami welcome dengan adik- adik yang ingin belajar berwirausaha atau praktik sambil sekolah juga bisa. Apalagi membantu memasarkan, asalkan kerjasamanya jelas,” ujar Destriyanto owner Sarah Roti.

Satria Ningrum Ramadhani salah satu anak juara RZ Cilegon mengaku sangat senang bisa belajar cara produksi dan marketing serta merasakan nikmatnya Pizza Mini dari Sarah Roti.


“Alhamdulillah terima kasih RZ Cilegon yang sudah mengajak saya dan teman- teman anak juara berkunjung disini, saya sangat bersyukur bisa belajar bagaimana cara membuat roti dari awal dan cara memasarkannya. Terima kasih juga saya sampaikan kepada Sarah Roti yang sudah menerima kami untuk belajar disini. Semoga semakin sukses untuk Sarah Roti,” ungkapnya. 

Kontributor: Badrul dan Saidatul Hajijah

Semoga Sobat hari ini lebih baik dari kemarin, jika ada yang ingin ditanyakan terkait program RZ Cilegon, silahkan isikan komentar dibawah ini
EmoticonEmoticon