3/22/2017

PARENTING: Meningkatkan Rasa Syukur Kita Kepada Allah SWT


Materi meningkatkan Rasa Syukur kepada allah disampaikan oleh Ustadz Hotib, S.Pd.I kepada orang tua anak juara penerima manfaat program beasiswa wilayah pembinaan Jombang kota Cilegon di Masjid al-Azzam pada tanggal 19 Maret 2017.

Assalamu’alaikum Warohmatullohi, Wabarokatuh.

Allah SWT berfirman:
وَالْعَصْرِ (1) إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ (2) إِلَّا الَّذِينَ آَمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ (3)

“Demi masa, sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam keadaan merugi (celaka), kecuali orang-orang yang beriman, beramal shalih, saling menasehati dalam kebenaran, dan saling menasehati dalam kesabaran.” (Al ‘Ashr: 1-3)

di ayat tersebut dijelaskan bahwasanya Manusia itu adalah merugi. Apabila hari harinya selalu mengeluh mendahulukan kepentingan dirinya dari pada Hak Allah, kurang bersabar dalam hidupnya.

Nah penting disini kita sebagai insan saling mengingatkan didalam kesabaran agar kita mendapatkan kebaikan dan kebahagian dunia dan akhirat dan lebih tingkatkan kembali rasa Syukur kita Kepada Allah SWT agar  hidup kita aman tenang dan berkah dalam menjalankan hidup ini karna Kita Sadar bahwa manusia adalah lemah selalu membutuhkan pertolongan Allah.

Dengan diberikan nikmat Iman Islam, Jasmani dan rohani oleh Allah SWT, dengannya kita patut bersyukur dan ingat kepada Allah SWT karna kita masih diberikan kesempatan untuk beribadah kepada Allah SWT selain itu berbuat baik dan bersabar dalam kebenaran.

Janji Allah itu pasti benar Sesungguhnya Kenikmatan yang sangat Hakaki adalah kenikmatan Akhirat yakni Syurga, apapun yang kita inginkan, Allah berikan.

Syukur itu bukan hanya disaat kita mendapatkan hadiah atau mendapatkan uang lebih banyak, akan tetapi seberapa besarkah kita cinta Kepada Allah SWT  yang Maha Memberi? 
sudahkah kita beribadah?
sudahkah kita puasa?
sudahkah kita bersedekah?
nah disitu arti syukur kita yang sebenarnya dan ikrar kita kepada Allah bahwa apa yang kita punyai kita gunakan dengan baik atau dijalan Allah.

لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ

"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".

 Ini suatu Penegasan dan Keyakinan kita Kpd Allah, bahwasanya Allah itu mempunyai sifat Ghoni   / Maha Kaya dan barang siapa yang  tidak percaya ke Pada-Nya maka tunggulah azab/siksa yg sangat pedih.
Maka dalam kehidupan didunia ini jadilah Manusia yang selalu Meningkatkan Rasa Syukur kita baik saat Sempit, lapang maupun sakit.

Wassalamu’alaikum.Wr.Wb

Kontributor: Suhendi Keren

Semoga Sobat hari ini lebih baik dari kemarin, jika ada yang ingin ditanyakan terkait program RZ Cilegon, silahkan isikan komentar dibawah ini
EmoticonEmoticon