4/07/2018

Yesi Bantu Neneknya yang Sudah Tak Mampu Lagi Mencari Nafkah

Yesi Yuliana


Yesi Yuliana (13th), anak dari pasangan Miswan (alm) dengan Daeti adalah anak yang bersemangat dan penuh harapan. Yesi begitu teman-temannya menyapa dilahirkan dari keluarga yang sangat sederhana. Ayahnya meninggal dunia saat Yesi masih duduk dibangku sekolah dasar. Usia Yesi kini beranjak 13 tahun dan sekolah di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Khairiyah Pabuaran kelas 8.

Yesi tinggal bersama neneknya (Mbok Jum) karena sang Ibu telah menikah lagi dan tinggal bersama suaminya yang baru.

Alasan Jarak dan kondisi perekonomian yang tidak lebih baik dari sebelumnya, membuat ibunya jarang menemuinya,  bahkan belum mampu untuk membiayai pendidikan Yesi.

Disamping itu neneknya yang sudah tak mampu mencari nafkah lagi dikarenakan memiliki keterbatasan dipenglihatan, sebelumnya Mbok Jum berjualan di Sekolah Dasar sekitar 300 meter dari rumahnya.

Meskipun Yesi hidup dalam serba kekurangan,  tidak melunturkan semangatnya untuk terus sekolah hingga sekarang.

Sepulang  dari sekolah Yesi tak malu-malu membantu bersih-bersih  di lingkungan sekolah dan dari aktifitas itulah Yesi mendapat upah untuk bantu-bantu meringankan beban neneknya.

"Saya bantu nenek yang mengasuh saya dengan cara memberikan uang hasil upah bersih-bersih sekolah. Kalau pagi hari saya membersihkan aula sekolah dan pulang sekolah saya mencuci piring di dapur sekolah. Ini saya lakukan untuk meringankan biaya pendidikan dan menambah uang saku agar bisa membantu nenek karena kasian nenek juga sudah tua dan tidak bisa apa-apa", ungkapnya saat ditanya kenapa mau bersih2 sekolah.

Ia juga dikenal sebagai siswa berprestasi. Ketika duduk dikelas 7, ia mendapat peringkat pertama. Selain itu, ia juga aktif mengikuti kegiatan ekstrakulikuler disekolahnya seperti pramuka dan OSIS.
Yesi (kanan pertama) saat berenang dikolam arus Krakatau Water World

Pada hari Sabtu, 07 April 2018 Yesi berkesempatan mengikuti kegiatan program Berbagi Bersama Yatim tahap 3 dari Rumah Zakat Cilegon. Yesi merasa senang diajak jalan-jalan oleh Rumah Zakat.

"saya dan teman-teman merasa senang diajak jalan-jalan oleh Rumah Zakat. Pertama, diajak berenang di KCC, selanjutnya makan siang di Saung Grogol dan belanja serta diberi santunan". ungkapnya.

"Terima kasih kepada donatur yang telah membantu saya dan teman-teman. Semoga bapak dan ibu donatur diberikan umur panjang dan sehat selalu, dilimpahkan rezekinya oleh Allah swt",tutupnya.

Semoga Sobat hari ini lebih baik dari kemarin, jika ada yang ingin ditanyakan terkait program RZ Cilegon, silahkan isikan komentar dibawah ini
EmoticonEmoticon