5/17/2018

Harta Dibawa Mati


Sahabat, seringkali kita mendengar pepatah: kekayaan tidak akan dibawa mati. Pepatah tersebut sangat populer sehingga paradigma yang kemudian muncul adalah: kita tidak perlu memiliki harta seakan-akan harta tidak diperlukan sama sekali karena tidak akan membawa kebaikan pada pemiliknya setelah meninggal. Benarkah tidak ada kekayaan yang dibawa mati?

Jika kita pikirkan lebih dalam, sebenarnya pepatah tersebut tidak sepenuhnya benar karena sesungguhnya, ada kekayaan yang dibawa mati. Bagaimana penjelasannya bahwa kekayaan dapat membawa kebaikan bagi pemiliknya sesudah dia meninggal? Berikut ini apa yang seseorang dapat lakukan dengan kekayaannya:
  1. Melakukan sedekah dengan kelebihan hartanya
  2. Dapat menolong orang atau saudara yang sedang dalam kesulitan
  3. Mewakafkan tanah yang dimilikinya untuk dijadikan tempat ibadah
  4. Memelihara anak yatim
  5. Menyantuni janda miskin
  6. Mendanai pendidikan orang yang tidak mampu
  7. Menyelamatkan aqidah rakyat miskin (kemiskinan dapat mendekatkan kepada kekufuran).
  8. Mendanai pembangunan masjid dan rumah Quran
  9. Membantu seseorang menunaikan kewajibannya sebagai muslim, contohnya: berkhitan

Di zaman dahulu, dengan hartanya seseorang dapat memerdekakan budak
Teladan dari muslim yang mempergunakan kekayaannya untuk kebaikan adalah Abu Bakar RA. Sahabat Rasulullah SAW ini telah memerdekakan 7 orang budak. Salah satunya adalah Bilal.

Nah, banyak sekali bukan kebaikan yang dapat dilakukan dengan harta kekayaan. Bukankah hal itu akan menjadi kekayaan yang dibawa mati? Bukankah amalan-amalan tersebut akan memberikan pahala bagi pelakunya? Bukankah ada kebaikan yang akan terus mengalir kepada pemiliknya sekalipun dia nantinya meninggal dunia?.

Sahabat, janganlah kekayaan ditempatkan di dalam hati. Jadikanlah kekayaan menjadi jalan untuk menebar kebaikan dan jalan untuk meraih ridho-Nya.

Transfer donasi:
BNI Syariah 155 555 5589
Muamalat 101 00822

Konfirmasi: (0254) 385443

Semoga Sobat hari ini lebih baik dari kemarin, jika ada yang ingin ditanyakan terkait program RZ Cilegon, silahkan isikan komentar dibawah ini
EmoticonEmoticon