5/30/2018

Zakat Dan Solidaritas Sosial

Zakat Solidaritas Sosial




Dalam kehidupan bermasyarakat mengenal istilah kesenjangan sosial ekonomi yaitu adanya perbedaan batas kemampuan finansial diantara masyarakat. Perbedaan strata sosial yang sebenarnya tidak terlihat namun bisa kita rasakan, kesenjangan ini perlu didekatkan dan salah satu caranya adalah dengan zakat.

Terdapat banyak hikmah dan fungsi zakat. Salah satunya dari sisi dimensi sosial, zakat akan memberikan kebaikan kepada pemberi zakat (Muzaki) dan memberikan kesejahteraan bagi penerima zakat (Mustahik). Menunaikan zakat bagi seorang muzaki kepada mustahik akan mewujudkan solidaritas sosial. Selain itu dana zakat yang dikelola dengan baik akan mampu mengentaskan kemiskinan bila diberdayakan secara optimal.

Allah berfirman dalam surat At-taubah ayat 103 disebutkan “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka karena dengan zakat itu kamu dapat membersihkan dan menyucikan mereka.”

Di Bulan Ramadhan ini, mari kita tunaikan zakat sebagai rasa solidaritas dan kepedulian kita kepada sesama.

Transfer Zakat:
Muamalat 101 00822 08
Mandiri 132000 481 974 5

Semoga Sobat hari ini lebih baik dari kemarin, jika ada yang ingin ditanyakan terkait program RZ Cilegon, silahkan isikan komentar dibawah ini
EmoticonEmoticon