10/21/2018

Menumbuhkan Minat Baca Anak-anak di Ciladaeun bersama Mobil Juara Rumah Zakat Cilegon



Cilegon (15/10), Minggu siang sekitar pukul 14.00 tim Mobil Juara bertolak menuju Ds. Cileadaeun bersama tim Cinta Sehat Foundation (CSF). Yang menjadi target kunjungan tim Mobil Juara Kali ini adalah SDN 2 Ciladaeun yang berlokasi di  Jln Raya Cipanas Warung Banten Km. 10, Dsn Muhara RT/RW 11/12, Ds. Ciladaeun, Kec. Lebakgedong, Kab. Lebak. 

Kunjungan yang sudah diagendakan seminggu sebelumnya ini menjadi kunjungan yang sangat special bagi Rumah Zakat Cilegon khususnya bagi tim Mobil Juara Cilegon. Bagaimana tidak Spesial, kunjungan kali ini merupakan kunjungan terjauh yang kami tempuh dengan Mobil Juara. Sebelumnya Mobil Juara pernah menuju Kabupaten Lebak bersinergi dengan Dinas Pendidikan Provinsi kala itu, namun perjalanan terhenti karna Mobil Juara mengalami masalah mesin. 

Senja menyingsing berganti malam, sedang lokasi yang kami tuju masih sangat jauh. Jalanan yang basah pertanda hujan sudah turun di kota ini, dan kemungkinan turun kebali. Kondisi tersebut menjadi kecemasan kami, karna Mobil Juara tak ber-AC. Jika kaca pintu di tutup, kaca depan mengembun dan menghalangi pandangan. Sedang jika tidak di tutup, air hujan akan masuk dalam mobil. 

Tujuh jam perjalanan kami tempuh untuk tiba ditempat kami bermalam. Melewati jalanan aspal penuh krikil dan beberapa tanaman tumbang yang menandakan hujan turun cukup deras disertakan jua kabut putih yang menyelimuti pekatnya malam di kota ini. Kami tiba di lokasi bermalam pukul 21.00, disambut pak Yayat selaku Kades yang menyediakan tempat untuk kami bermalam dan dengan penuh kehangatan mengajak kami berbincang. 

Pagi yang ditunggu pun datang. Tak sabar rasanya kami menyapa wajah-wajah anak bangsa di Ciladaeun. Sebelum tim menuju lokasi, kami mendapati kenyataan bahwa sekolah yang kami tuju berada di atas bukit dan mobil tidak bisa masuk. Akhirnya tim memutuskan meminta izin kembali ke pihak sekolah agar siswa-siswi dapat turun ke lapangan untuk mengikuti kegiatan yang akan kami suguhkan. Tak kuat melewati jalan yang tinggi, menukik dan setapak saat hendak menuju sekolah, salah satu tim yang membawa motor pun terpeleset dan jatuh .  

Akan tetapi rasa sakit karna jatuh itu pun hilang saat menjumpai wajah sumringah siswa-siswi SDN 2 Ciladaeun saat bertemu kami. Berjumpa dengan dewan guru di sekolah ini membuat tim berdecak kagum pada guru wanita yang mengendarai sepeda motor untuk mengajar di sekolah ini. 

Untuk memandu siswa menuju lokasi aksi,  Kak Agustin salah satu tim Mobil Juara memutuskan untuk berjalan bersama anak-anak menuju lokasi aksi dengan melewati sawah-sawah yang hampir menguning dan jembatan yang di bawahnya mengalir sungai yang cukup deras. Mereka begitu antusias, sampai ada yang melewati sungai sebagai jalan pintas menuju lokasi aksi. 

Kades Ciladaeun menyampaikan rasa terimakasih dan harapannya saat menyampaikan sambutan. 
“terimakasih kepada tim Mobil Juara sudah datang ke desa Ciladaeun, Minat baca yang kurang, banyaknya anak yang putus sekolah membuat kami berharap semoga kedatangan mobil juara dapat menumbuhkan minat baca anak-anak di desa Ciladaeun”. Tuturnya. 

Menarik minat baca anak-anak memang cukup sulit, oleh karena itu untuk menarik minat baca siswa-siswi SDN 2 Ciladaeun tim tak hanya menyuguhkan beberapa buku untuk di baca. Tapi, tim juga memberikan kegiatan-kegiatan lainnya seperti menonton film edukatif, lomba mewarnai dan bermain permainan edukatif seperti lego dan congklak. Tak ketinggalan tim memotivasi siswa-siswi untuk lebih giat lagi membaca agar dapat meraih apa yang menjadi cita-cita mereka.

Wajah ceria dan bahagia atas kunjungan kami pun ditunjukan oleh siswa-siswi manakala mereka menjawab pertanyaan dari ka Efiyana
“temen-temen seneng ngga didatengin Mobil juara?”
“seneeeeng” jawab mereka
“kalua Mobil Juara sama Kakak-kakak main lagi kesini boleh ngga” Tanya kak efi lagi, denegn serempak mereka menjawab 
“Boleh” dengan penuh semangat.

@RumahZakat
#IJF #Mobil Juara #Cilegon #Oktober

Semoga Sobat hari ini lebih baik dari kemarin, jika ada yang ingin ditanyakan terkait program RZ Cilegon, silahkan isikan komentar dibawah ini
EmoticonEmoticon